Monday, October 18, 2010

Cara Memasak Mie Instant yang Sehat dan Aman


hey, whassup brow...:)
setelah satu minggu dalam masa kehabisan ide mencari bahan yang berguna untuk di post (biasalah blogger nubie, hehe), akhirnya saya berhasil menemukan tips yang bagus untuk dibahas hehehe. tips kali ini akan membahas tentang cara memasak mie instant yang aman dan sehat (jderrr). seperti yang brow2 semua ketahui, akhir2 ini di televisi sedang santer diberitakan tentang mie instan yang mengandung pengawet dan lilin ato apalah itu. saya sebagai seorang penggila mie instant, merasa sakit hati (lebay) akan berita miring yang menimpa artis kesayangan saya tersebut (lho?).
nah maka dari itu tips kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menikmati mie instan yang sehat dan aman ;)

1. jangan rebus mie bersamaan dengan sayur dan telur / daging
mie instant mengandung lapisan lilin yang berguna menjaga agar mie tidak lengket. lapisan lilin tersebut bisa brow2 liat pada perubahan warna air ketika mie tersebut direbus. apa yang terjadi brow? yap warna air rebusan tersebut berubah menjadi kuning bukan? nah itulah lapisan lilin yang melekat pada mie tersebut. jika kita merebus mie instant bersamaan dengan daging, telur ataupun sayur, besar kemungkinan zat2 lilin tersebut diserap oleh daging / telur atau sayur tersebut. hasilnya, zat yang tadinya akan kita buang malah tercampur kembali brow. maka rebuslah mie instan dan lauknya secara terpisah.dan masukan mie ke air dingin agar mie tidak lengket.

2. jangan menggunakan air rebusan mie sebagai kuah
seperti yang disebutkan diatas brow, air rebusan mie instant td mengandung lilin. jadi jangan sekali2 menggunakan air rebusan tersebut sebagai kuah. rebuslah air baru sebagai kuahnya.

3. gunakanlah bumbu baru, atau gunakan bumbu mie instant tersebut hanya setengahnya
yap, benar sekali. zat pengawet paling banyak terletak pada bumbu mie yang berbentuk serbuk. jadi jika brow2 memasak mie, gunakanlah setengahnya saja. atau jika brow2 ingin berkreasi, brow2 bisa membuat bumbu sendiri :), asalkan bahannya tidak lebih berbahaya dari bumbu tadi, hehehe.

4. tambahkan sayuran pada mie buatan anda terutama tomat dan sayur hijau
mie instant rendah akan serat, maka dari itu kita harus mengimbanginya dengan menambahkan sayuran pada mie tersebut. tomat dan sayur hijau sangat disarankan, sebab tomat mengandung antioksidan dan betakaroten yang tinggi yang berguna bagi tubuh. sedangkan sayur hijau juga mengandung serat yang tinggi.

5. jangan membuat mie instant dengan menggunakan api unggun dalam kamar
hah? kok gitu?, jawabannya ya ialah :)
sebab seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tips ini membahas tentang cara memasak mie instant yang sehat dan aman. sangat BERBAHAYA jika brow2 mencoba memasak mie instant dengan api unggun dalam kamar. selain berpotensi dimarahi ortu ato ibu kost, perbuatan brow2 juga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran. udah ga jadi makan mie, dimarahin, trus pake acara kebakaran pula, hah jangan sampai terjadi brow. :)

nah itulah kurang lebih 5 tips cara memasak mie instant yang sehat dan aman (walaupun tips no 5 agak ngaco), semoga brow2 bisa lebih waspada dan lebih smart (ceileh) dalam menikmati mie instant. tips ini bukan berarti membuat brow2 semua 100% aman dari bahan2 berbahaya yang terkandung dalam mie instant, tapi cukup berguna untuk meminimalisir bahan berbahaya dalam mie instant tersebut masuk ke tubuh kita. oh ya satu lagi, sebaiknya brow2 semua jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instant ya?! ya kalo gak kuat nahan kayak saya (hehe) maksimal cukuplah seminggu hanya mengkonsumsinya 2 bungkus. kalo mau aman, ngga usah makan mie instant hahahahaha.... atau tuntut produsen mie instant agar memproduksi mie dengan bahan2 yang layak dikonsumsi. tak lupa juga, peran badan POM juga sangat penting dalam mengawasi produksi mie instant tersebut tetap layak konsumsi. tapi yang paling penting (haduh kalimat muter2) peran serta masyarakat dan brow2 sebagai konsumenlah yang paling penting dalam menjaga mutu dan kualitas mie instant agar tetap terjaga. setuju brow?
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

0 comments:

Post a Comment