Friday, October 1, 2010

Planet mirip Bumi diketemukan?!

Baru-baru ini brow, Para astronom menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang diberi nama Gliese 581g, yang bergerak mengorbiti sebuah bintang dan memiliki potensi untuk didiami oleh manusia. Planet itu merupakan planet yang paling mirip dengan karakteristik planet Bumi yang pernah ditemukan namun dalam sistem tata surya lain.

"Penemuan kami memberikan bukti kuat tentang planet yang bisa didiami," tulis Professor Steven Vogt, seorang astronom dari University of California, Santa Cruz, Amerika Serikat dalam Astrophysical Journal seperti yang dikutip The Telegraph, Rabu (29/9).

"Bahwasanya kami bisa mendeteksi planet itu dengan cepat dan letaknya sangat dekat, membuktikan bahwa planet seperti itu pasti sangat banyak," Vogt melanjutkan.

Para astronom telah menemukan lebih dari 400 eksoplanet namun sebagian besar dari planet2 tersebut brow, berupa planet gas raksasa seperti planet Jupiter, dan tidak cocok untuk dihuni oleh makhluk hidup. Planet2 itu sendiri setelah para astronom melakukan 11 tahun pengamatan di Observatorium WM Keck di Hawai. pada saat itu, Professor Vogt dan Paul Butler dari Carnegie Institution di Washington di dalam jurnal penelitiannya, melaporkan tentang keberadaan dua planet yang mengorbiti sebuah bintang merah Gliese 581.

Yang menarik dari dua planet itu adalah Gliese 581g. Planet yang berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Libra ini memiliki massa tiga sampai empat kali masa Bumi dan memiliki waktu orbit 37 hari. Massa Gliese 581g mengindikasikan bahwa kemungkinan planet itu terdiri dari bebatuan dengan permukaan yang kokoh dan memiliki daya grafitasi yang cukup untuk menahan atmosfer.


Para ilmuwan memperkirakan suhu rata-rata permukaan planet itu berkisar antara -31 sampai 12 derajat Celcius atau -24 sampai 10 derajat Fahrenhit. Menurut Vogt, daya gravitasi planet itu sama atau sedikit lebih kuat daripada di Bumi, mudah berjalan atau bergerak di planet itu.

Wow, dengan ditemukannya planet-planet yang memiliki karakteristik seperti Bumi, rasa2nya sudah seharusnya brow2 smwa mulai mengumpulkan uang dari sekarang sebelum wisata antariksa di launching :D, dan semoga saja planet2 tersebut tidak dihuni oleh alien seperti di film Avatar misalnya.. hihihi... bisa repot dewan perdamaian antar galaksi nanti..^^

source : metro TV,
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

0 comments:

Post a Comment